ANALISIS DATA

Menilik Potensi Ekspor Otomotif disaat Lesunya Pasar Domestik


Nazmi Haddyat Tamara

Beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki nilai UN di atas 80 dan termasuk dalam Sekolah Unggulan, tersebar di Jakarta. Namun, dengan sistem zonasi, calon siswa baru diarahkan memilih SMA yang dekat dengan domisilinya. Bagaimana memetakan sekolah unggulan itu?


Sebagai ibu kota negara, DKI Jakarta tidak hanya dikenal sebagai pusat pemerintahan, perkantoran, serta ekonomi dan bisnis. Namun Jakarta juga dikenal memiliki sarana pendidikan yang lengkap dan berkualitas, termasuk di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Bagaimana peta dan sebaran SMA unggulan di megapolitan ini?

Memasuki bulan Juni dan Juli saban tahun, bersamaan dengan tibanya tahun ajaran baru, siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan bersaing masuk ke SMA unggulan dan favorit di Jakarta.

Mereka memperebutkan kursi di SMA Negeri terbaik sebagai tempat untuk melanjutkan studi tiga tahun ke depan. Secara total, sebenarnya ada 117 SMA Negeri dan lebih dari 300 SMA Swasta terdaftar di Jakarta.  

Sejauh ini, beberapa sekolah dikenal sebagai pilihan banyak siswa lulusan SMA di Jakarta. Salah satu variabel yang bisa jadi rujukan untuk memilih SMA unggulan adalah melihat performa sekolah tersebut dalam Ujian Nasional (UN). SMA dengan nilai UN yang tinggi dapat diindikasikan sebagai sekolah unggulan yang menghasilkan siswa-siswa terbaik di Jakarta.